Siswa Tak Lulus UN Tak Perlu Cemas

Diposting oleh SMP Roudlotul Aqoidi Bangil | Selasa, April 27, 2010 | | 0 komentar »

Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh meminta kepada para orang tua dan siswa yang belum lulus ujian nasional tingkat SMA dan yang sederajat agar tidak risau, karena bisa mengulang ujian itu pada 10-14 Mei 2010.

"Tidak lulus salah satu atau seluruh mata pelajaran ujian nasional (UN) 2010 masih terbuka kesempatan UN ulangan bagi siswa yang tidak lulus, sehingga siswa memiliki kesempatan mengulang agar lulus," ujarnya usai melantik Rektor Unversitas Ngeri Jakarta (UNJ) Prof Dr Bedjo Sujanto, MPd di Jakarta, Senin (26/4/2010).

Ia menyatakan optimis bahwa siswa yang gagal dalam UN SMA 2010 akan dapat lulus, karena sebagian besar atau 64 persen siswa yang gagal UN 2010 hanya dalam satu mata pelajaran, seperti sebagian besar mereka tidak lulus dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dan Biologi.

Oleh karena itu, ia meminta kepala sekolah dan siswa yang belum lulus pada UN SMA 2010 agar mempersiapkan belajar secara serius tentang mata pelajaran yang tidak lulus pada UN tersebut sehingga dapat mengerjakan UN ulangan dengan minimal nilai 5,5.

Menurut Mendiknas, banyaknya siswa yang tidak lulus UN SMA dan yang sederajat pada UN 2010 atau turun empat persen dibanding 2009, antara lain proses belajar di sekolah tidak optimal.

Pihaknya akan melakukan evaluasi dan analisis tentang jenis mata pelajaran yang sebagian besar siswa gagal mengerjakan, letak sekolah dan wilayahnya.

0 komentar