Dalam kegiatan plan tahap II Semester II 2008/2009 para dosen pendamping yang terdiri dari : Drs.Darsono Sigit.M.Pd. (kimia); Dr.H. Abdul Ghofur (biologi); Drs. Muji Haryono (fisika), pada tanggal 4-4-2009 telah melaksanakan pendampingan di SMPN 1 Bangil, kepala sekolah Drs.H.Rofiq Samsumnahar,M.Pd. Fasilitator Mujamil ; 10 peserta guru kelas fisika : Mujamil, Asrifah, Suryaningsih, Ninik Fadhilah, Wino Yulia S,Giyono, Andik Sutrisno, Rries Tri Yulistiyowati,Robithoh, Yulis Tiyowatiningsih. 11 pesertaguru kelas biologi : Linda Isnawati R., Asni Harumindani, Yusita HR. Khusnul Khotimah, Trinil Windayati, Prayitno, M. Himim, Betty W.,Erriastuti, Izulah, Anifatul Maslukah. Target dalam pendampingan adalah : tersusunnya 6 draf RPP beserta perangkat pembelajarannya yang terdiri : 2 RPP untuk open class sains fisika; 2 RPP untuk open class sains biologi dan 2 RPP untuk open class sains kimia.Tahap Lesson Study Plan untuk Mata Pelajaran Kimia.

Pra Plan Penyusunan RPP

Selama 30 menit, kepada guru peserta kelas fisika dan biologi ,pendamping memberikan pengarahan tentang hasil refleksi putaran pertama yang perlu diperhatikan untuk pertimbangan
penyempurnaan penyusunan plan II. Hasil refleksi putaran pertama yang perlu dicermati adalah :

Dalam penyusunan RPP perlu mempetimbangkan : sifat dari materi yang akan diajarkan, latar belakang siswa , potensi sekolah dan potensi guru yang akan mengajar. Berkaitan dengan penguatan potensi guru, pendamping memberikan materi tambahan tentang rambu-rambu penyusunan RPP, berkaitan dengan pembelajara STAD yang telah dilaksankan pada putaran pertama dan model pembelajaran alternatif yang lain; Proses pembelajaran,khususnya tahapan inti yang masih perlu diurakan kegiatan-kegiatan guru dalam pendampingan siswa untuk aktif, kreatif, inovatif dan memahami tujuan pembelajaran. Dalam kegiatan inti ditekanan bagaimana guru melaksanakan pendampingan siswa dalam kelompok-kelompok belajar, sampai seluruh kelompok belajar telah dapat mencapai tujuan pembelajaran.

Pelaksanaan Penyusunan RPP oleh Guru

Selama 120 menit , guru kelas fisika merancang RPP yang akan digunakan di SMPN 2 Bangil,kleas VII, standar kompetensi : memahami klasifikasi zat, kompetensi dasar : membandingkan sifat unsur, senyawa dan campuran. Waktu 2x40 menit. Model pembelajaran yang digunakan Direct Intruction (DI) metode eksperimen dan diskusi. Saat penyusunan tahapan pembelajaran, guru meminta penjelasan tentang perbedaan larutan, suspensi dan koloid. Pendamping meminta guru untuk membaca kebali dari buku teks tentang difinisi larutan, suspensi dan koloid. Pendamping meminta guru penjelasan lebih lanjut tentang pengertian
dalam bahasa sehari-hari yang difahami siswa tentang: larutan, suspensi dan koloid, selanjutnya guru diminta memberikan contoh larutan, suspensi dan koloid. Selanjutnya guru bersama endamping merancang langkah-langkah pembelajaran dan media pembelajaran tentang larutan, suspensi dan koloid. Dalam waktu 120 menit guru kelas fisika telah dapat menyusun draf RPP pembelajaran kimia untuk pelaksanaan DO-SEE selanjutnya.

Selama 120 menit, guru kelas biologi, merancang RPP yang akan digunakan di SMP/MTs. Kelas VII alokasi waktu 2x40 menit, standart kompetensi : memahami kegunaan bahan kimia dalam
kehidupan. Kompetensi dasar : mendiskripsikan sifat-pengaruh zat aditif dan psikoterapi. Model pembelajaran yang digunakan examples non examples, metode diskusi dan cearamah. Saat penyusunan langkah-langkah pembelajaran guru meminta kepada pendamping penjelasan dan implementasinya tentang model pembelajaran examples non examples. Pendamping memberikan penjelasan tentang langkah-langkan pembelajaran examples non examples sebagai berikut :
1). Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
2). Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan lewat LCD.
3). Guru memberikan petunjuk dan kesempatan pada siswa
untuk memperhatikan dan menganalisis gambar.
4). Siswa dimnta melakukan diskusi kelompok @ 4 siswa , selanjutnya hasil diskusi dalam LKS. 5). Setiap kelompok diminta membacakan hasil diskusinya.
6). Melalui diskusi antar kelompok, guru mengarahkan penyampaian hasil diskusi antar kelompok, sesuai tujuan pembelajaran.
7). Guru mengarahkan siswa sampai dapat menyimpulkan pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran.
8). Guru melaksanakan tes hasil belajar. 9).Guru menutup pelajaran dengan memberi tugas rumah. Selanjutnya guru menyusun rencana proses pembelajara. Dalam waktu 120 menit, guru telah dapat menyusun RPP dan draf media pembelajarannya untuk pelaksanaan DO-SEE tahap selanjutnya.


Pasca Penyusunan RPP

Pendamping menyarankan agar dalam Paln-DO-SEE putaran II, dilaksankan dengan lebih sungguh-sungguh dengan harapan guru dapat lebih mehami permasalahan-permasalahan dalam
proses pembelajaran di kelas masing-masing. Guru disarankan dalam menjalankan tugas pengajar, selalu membawa catatan harian berisi tentang situasi, kejadian, permasalahan, dan solusi alternatif dalam proses mengajar di kelas. Hasil pengalaman guru di kelas, diharapkan dapat dituangkan dalam bentuk makalah/ artikel yang dapat ketahui oleh guru lain. Bagi guru kelas fisika dan guru kelas biologi dengan pendampingan dari dosen Jurusan Kimia FMIPA UM dapat mencurahkan pengalaman-pengalaman mengajarnya dalam bentuk makalah, untuk disampaikan pada acara seminar yang akan diselenggarakn oleh IMSTEP JICA FMIPA UM. Penyempurnaan RPP dan media pembelajaran hasil kerja guru kelas fisika dan guru kelas biologi mohon dikirimkan kepada dosen pendamping melalui e-mail : darsono_sigit@yahoo.com atau darsonosigit@um.ac.id. Warta ini telah dimuat dalam blog dengan alamat http://darsono- sigit.um.ac.id. Dengan harapan segera diketahui oleh guru-guru SMP/MTs di Bangil-Pasuran Jawa Timur.

0 komentar