Perhimpunan Pelajar Indonesia di berbagai negara

Diposting oleh SMP Roudlotul Aqoidi Bangil | Kamis, Oktober 22, 2009 | | 0 komentar »

Amerika Serikat

PPI di Amerika Serikat disebut dengan Permias, sebagaimana yang tersebut dalam pendirian organisasi Permias pertama di Washington D.C. pada tanggal 24 Desember 1961. Secara organisasi, Permias memiliki perbedaan dengan PPI, namun secara jiwani, kedua-duanya sama-sama berdiri untuk menaungi mahasiswa-mahasiswi Indonesia yang bersekolah di luar Indonesia.

Permias Indonesia dibagi berdasarkan negara bagian, namun tidak sedikit pula yang memiliki lebih dari satu Permias di satu negara bagian jikalau negara bagian tersebut luas atau memiliki lebih dari satu perguruan tinggi populer, dan jaraknya tidak berdekatan sehingga tidak memungkinkan bagi pelajar-pelajar yang tinggal berjauhan tersebut untuk diwadahi dalam satu Permias.

Selain Permias, di universitas-universitas di AS juga dikenal organisasi kemuridan yang disebut ISA (Indonesian Student Association) yang hampir sama dengan PPI atau Ikatan Mahasiswa Indonesia lainnya. Biasanya sebuah ISA hanya menaungi sebuah universitas atau perguruan tinggi, sedangkan Permias lebih luas cakupannya dengan menaungi beberapa sekolahan sekaligus, baik itu perguruan tinggi maupun sekolah pra-universitas (college).

Situs-situs web Permias (maupun PPI pada umumnya) memiliki ciri-ciri umum sebagai berikut:

  • dibuat oleh mahasiswa-mahasiswi anggota Permias sendiri,
  • dibuat dengan dana yang tidak begitu besar,
  • dibuat untuk keperluan internal anggotanya, dan
  • bergantung kepada beberapa individu pemrogram situs tersebut,
sehingga tampilan situs-situs mereka bisa dibilang sesuai dengan kemampuan masing-masing, dan jikalau pemrogram atau pengurus situs tersebut telah lulus dan penggantinya tidak ditemukan, maka situs tersebut biasanya akan terdegenerasi dan menghilang dari internet, seperti yang dialami situs Permias Washington D.C

Australia

Bertempat di kota Canberra, Australian Capital Terriroty (ACT), tanggal 8 Maret 1981, para pelajar Indonesia di Australia mendeklarasikan berdirinya organisasi pelajar Indonesia, yang bernama Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Australia, dengan berasaskan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Struktur organisasi PPI Australia terdiri dari 3 tingkatan, yakni PPI Australia Pusat, PPI Australia Cabang yang melingkup negara bagian, dan PPI Australia Ranting yang berada di setiap lembaga pendidikan di Australia, baik universitas, institut, maupun TAFE. Di tingkat pusat, pucuk pimpinan disebut dengan Sekretaris Jenderal, namun dalam Kongres XIV 2007 telah dirubah menjadi ketua umum. Sedangkan di tingkat Cabang, dikomandoi oleh ketua cabang, dan di tingkat ranting, dipimpin oleh ketua ranting. Sementara itu, Kongres menjadi forum tertinggi pengambilan keputusan organisasi. Namun demikian pada perubahan AD/ART yang dilakukan pada Kongres XIV dimungkinkan terjadinya Kongres Luar Biasa apabila persyaratan sebagaimana yang digariskan oleh AD/ART telah terpenuhi.

Austria

Di negara Austria terdapat sebuah cabang PPI:

* Milis PPI Austria

Belanda

PPI Belanda adalah singkatan dari Perhimpunan Pelajar Indonesia di Belanda. PPI Belanda diterjemahkan dalam bahasa Belanda sebagai Indonesische Studenten Vereniging in Nederland atau disingkat ISVN dan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi Indonesian Students Association in the Netherlands atau disingkat ISAN. PPI berbentuk Presidium yang terdiri dari perwakilan PPI kota.

Anggota PPI Belanda adalah organisasi pelajar Indonesia yang berkedudukan di wilayah kerajaan Belanda dan memenuhi persyaratan yang tertera dalam AD-ART PPI Belanda.

PPI Belanda tidak mempunyai ketua, tapi mempunyai seorang Sekretaris Jenderal yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program kerja PPI Belanda.

Kekuasaan tertinggi PPI Belanda berada di tangan para Presidium.

* Presidium PPI Emmen
* Presidium PPI Utrecht
* Presidium PPI Delft
* Presidium PPI Deventer
* Presidium PPI Wageningen
* Presidium PPI Mastricht
* Presidium PPI Groningen
* Presidium PPI Rotterdam
* Presidium PPI Enschede
* Presidium PPI Leiden
* Presidium PPI kota Den Haag
* Presidium PPI Den Haag
* Presidium PPI Arnhem-Nijmegen
* Presidium PPI Amsterdam

Walaupun PPI Belanda merupakan sebuah organisasi independen yang tidak berada di bawah organisasi/instansi lain, PPI Belanda menggalang kerjasama dengan organisasi lain untuk melaksanakan tujuan bersama bagi Pelajar Indonesia di Belanda.

Di negara Belanda terdapat beberapa cabang PPI:

* PPI Belanda
* Delft
o PPI Delft

PPI Delft

Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Delft, satu dari beberapa PPI di negeri Belanda, dibentuk dalam rangka mempererat hubungan persaudaraan antara para pelajar Indonesia yang sedang melanjutkan studi di Delft dan mendorong terbentuknya jaringan sains dan teknologi untuk bangsa Indonesia.

Perhimpunan Pelajar Indonesia Delft atau disingkat PPI Delft didirikan pada tanggal 11 Mei 1963 dan berkedudukan di Delft, Provinsi Holandia Selatan (Zuid Holland), Belanda.

Pendirian PPI Delft memiliki maksud dan tujuan sebagai berikut.

* Menjadi wadah komunikasi dan informasi bagi seluruh anggotanya;
* Memupuk persatuan dan kesatuan antara anggota-anggotanya dan saling membina dalam suasana kekeluargaan, untuk melaksanakan cita-cita sebagai pelajar Indonesia yang sedang menempuh studinya di Delft;
* Mempererat hubungan persaudaraan dengan perwakilan PPI yang ada di kota - kota lain skala regional dan internasional;
* Membina hubungan baik dengan seluruh masyarakat setempat dan pelajar setempat pada umumnya;
* Turut serta mengembangkan dan memasyarakatkan perkembangan sains dan teknologi modern untuk masyarakat Indonesia; dan
* Mengembangkan jaringan sains dan teknologi yang dimiliki oleh para Mahasiswa Indonesia di Delft dan Internasional pada umumnya.

PPI Delft beranggotakan pelajar (sekurang-kurangnya berumur 17 tahun) yang memiliki ikatan erat dengan Indonesia yang sedang belajar atau berdomisili di kota Delft.

* Wageningen
o PPI Wageningen
* Arnhem-Nijmegen
o PPI Arnhem-Nijmegen
* Groningen
o PPI Groningen
* Enschede
o PPI Enschede
* Deventer
o PPI Deventer
* Utrecht
o PPI Utrecht
Belgia

Di negara Belgia terdapat sebuah cabang PPI:

* Leuven
o PPI Leuven
India

Di negara India terdapat sebuah cabang PPI:

* PPI India

Inggris

Perhimpunan pelajar Indonesia di Inggris disebut PPI-UK kepanjangan dari Perhimpunan Pelajar Indonesia di United Kingdom. Penamaan ini diambil karena kehadiran PPI-UK bukan hanya mewakili wilayah Inggris, namun mencakup wilayah Britania Raya dan Irlandia Utara. Sebagaimana disebut dalam AD/ART, organisasi PPI-UK berbentuk federasi dan mempunyai cabang-cabang dan perwakilan-perwakilan. PPI Cabang adalah PPI di suatu wilayah/kota yang beranggotakan minimal 20 pelajar dan disebut PPI Perwakilan apabila mempunyai anggota kurang dari 20 pelajar. Definisi Cabang dan Perwakilan diperlukan guna memberikan keadilan dalam pengambilan suara khususnya pada sidang Musyawarah Besar (Mubes)dimana Cabang berhak pempunyai 2 suara sedangkan Perwakilan hanya 1 suara.

Cabang-Cabang dan Perwakilan-Perwakilan PPI-UK periode 2008/2009 (berdasarkan abjad):

* PPI Aberdeen

* PPI Birmingham
o PPI Birmingham
* PPI Bournemouth

* PPI Bristol

* PPI Edinburgh

* PPI Glasgow

* PPI Leeds

* London
o PPI London dan milis PPI London

* PPI Manchester

* PPI Newcastle

* PPI Nottingham
o PPI Nottingham
* PPI Norwich
o PPI Norwich
* PPI Oxford
o PPI Oxford
* PPI Sheffield
* PPI Sunderland

* PPI York

Italia

Di negara Italia terdapat beberapa cabang PPI:

* Siena
o PPI Siena
* Roma
o PPI Roma
* Bolzano-Bozen
o PPI Bolzano-Bozen
* Milis PPI Italia
* Milis lain PPI Italia

Jepang

Di negara Jepang terdapat sebuah cabang PPI:

* PPI Jepang

Organisasi PPI Jepang terdiri dari 8 Korda (Koordinator Daerah):

* Korda Hokkaido yang meliputi wilayah: Sapporo;
* Korda Tohoku yang meliputi wilayah: Akita, Niigata, Aomori, Miyagi, Fukushima, Iwate dan Yamagata;
* Korda Kanto yang meliputi wilayah: Tokyo, Gunma, Kanagawa, Ibaraki, Chiba, Yamanashi, Saitama dan Tochigi;
o PPI Tokodai
* Korda Hokushina yang meliputi wilayah: Toyama, Ishikawa, Nagano dan Shizuoka;
* Korda Jepang Tengah yang meliputi wilayah: Aichi, Gifu, Fukui, Mie;
* Korda Kansai yang meliputi wilayah: Osaka, Kyoto, Hyogo, Nara, Okayama, Kagawa, Tokushima, Wakayama, Shiga dan Tottori;
o PPI Osaka Nara
* Korda Chugoku dan Shikoku yang meliputi wilayah: Hiroshima, Shimane, Yamaguchi, Ehime dan Kochi;
* Korda Kyushu yang meliputi wilayah: Saga, Kumamoto, Nagasaki, Oita, Kagoshima, Miyazaki, Okinawa dan Fukuoka.

Jerman

* PPI Jerman
* Aachen
o PPI Aachen
* Berlin
o PPI Berlin
* Bonn
o PPI Bonn
* Bochum-Dortmund
o PPI Bochum-Dortmund
* Bremen
o PPI Bremen
* Darmstadt
o PPI Darmstadt
* Duisburg-Essen
o PPI Duisburg-Essen
* Goettingen
o PPI Goettingen
* Hamburg
o PPI Hamburg
* Hannover
o PPI Hannover
* Karlsruhe
o PPI Karlsruhe
* Kassel
o PPI Kassel
* Kiel
o PPI Kiel
* Koeln
o PPI Koeln
* Münster
o PPI Münster
* Stuttgart
o PPI Stuttgart

Korea Selatan

Para pelajar Indonesia di Korea Selatan diwadahi sebuah organisasi yang bernama PERPIKA. Organisasi PERPIKA pertama kali dirintis oleh sekelompok pelajar Indonesia di Korea yang tergabung dalam milis Mahasindodikor pada awal bulan September 2001. Milis Mahasindodikor sendiri baru mulai aktif sekitar akhir tahun 2000.

Setelah melalui beberapa kali pertemuan di Seoul, pada tanggal 18 Januari 2002 disepakati dibentuknya sebuah organisasi pelajar Indonesia di Korea dengan nama PERPIKA berikut dengan draf AD/ART. Nama PERPIKA adalah akronim dari Persatuan Pelajar Indonesia Korea dan tanggal tersebut juga diakui sebagai tanggal terbentuknya organisasi PERPIKA di AD/ART yang terbaru.

Selanjutnya pada tanggal 2 Februari 2002 digelarlah Kongres I PERPIKA yang mengesahkan AD/ART dan membentuk susunan pengurus organisasi. Kongres Pertama ini di ketuai oleh Dr. Muhammad Syamsuddin Muthasar yang akrab di panggil Pak Etsar dan yang akhirnya memilih beliau sebagai Ketua PERPIKA yang pertama.

Sejak Kongres PERPIKA I diadakan, sampai saat ini belum pernah ada kevakuman dalam kepengurusan PERPIKA. Kongres diadakan tiap tahun pada bulan Maret untuk memilih ketua dan pengurus baik pusat maupun cabang. Pada tahun 2007 Kongres ke VI diselenggarakan setelah diadakannya Pemilihan Presiden dan Ketua cabang secara langsung dan sekaligus menandakan perubahan sistem organisasi dari terpusat menjadi otonomi.

Pada perkembangannya saat ini PERPIKA pusat memiliki tiga cabang yaitu:

1. PERPIKA Wilayah I yang menaungi daerah Gangwon-do, Gyeonggi-do, Seoul dan Incheon.
PERPIKA wilayah satu memiliki dua komisariat yaitu komisariat Konkuk-Sejong dan komisariat KIST
2. PERPIKA Wilayah II yang menaungi daerah Chungcheongbuk-do, Chungcheongnam-do, Daejon dan Jeollabuk-do.
PERPIKA wilayah dua memiliki dua komisariat yaitu komisariat Daejon dan komisariat Cheonan
3. PERPIKA Wilayah III yang menaungi daerah Gyeongsangbuk-do, Gyeongsangnam-do, Jeollanam-do, Jeju-do, Busan, Ulsan, Daegu dan Gwangju.
PERPIKA wilayah tiga memiliki tiga komisariat yaitu komisariat Busan, komisariat Gyeongsan dan komisariat Jinju

Lihat pula:

* PERPIKA / PPI Korea Selatan

Malaysia

Di negara Malaysia terdapat beberapa cabang PPI:

* PPI Malaysia
o PPI IIUM (International Islamic University Malaysia) juga tergabung dalam PPI Malaysia
* PPI UTP {Universiti Teknologi PETRONAS)
* PPI UKM {Universitas Kebangsaan Malaysia)
* PPI Universitas Malaysia
* PPI Universitas Putra Malaysia
* PPI Universitas Utara Malaysia
* PPI Universitas Teknologi Malaysia
* PPI - MerahPutih Indonesian Society of Limkokwing University of Creative Technology, Cyberjaya

Mesir

Di Mesir terdapat sebuah cabang PPI:

* PPI Mesir

Perancis

Di negara Perancis terdapat sebuah cabang PPI:

* PPI Perancis

Selandia Baru

Di negara Selandia Baru terdapat sebuah cabang PPI:

* PPI Selandia Baru

Singapura

Di negara Singapura terdapat sebuah cabang PPI:

* PPI Singapura

Perhimpunan Pelajar Indonesia di Singapura (PPIS) merupakan suatu organisasi yang beranggotakan para pelajar Indonesia di Singapura, yang pada saat ini diwakilkan oleh mahasiswa dari NTU (Nanyang Technological University), NUS (National University of Singapore), SMU (Singapore Management University) dan SIM (Singapore Institute of Management), PSB Academy (Productivity Standard Board Academy), TMC Academy, dan anggota individu dari institusi-institusi pendidikan Singapura lainnya. PPIS sudah berdiri sejak tahun 2005, yang kemudian diresmikan pada tanggal 11 Maret 2006 dan didukung penuh oleh KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) di Singapura.

PPIS berfungsi sebagai wadah untuk mempersatukan berbagai komunitas pelajar Indonesia di berbagai institusi pendidikan di Singapura. Tujuan PPIS adalah untuk menjalin dan mempererat hubungan antar pelajar Indonesia di Singapura, dan mempersatukan para anggota untuk menggalang aspirasi serta kerjasama untuk berkontribusi melalui usaha-usaha yang bermanfaat bagi seluruh pelajar Indonesia di Singapura dan bagi bangsa dan negara Indonesia pada umumnya, sebagai perwujudan usaha pengembangan generasi muda yang handal dan dinamis.
Thailand

PPI Thailand disebut dengan PERMITHA,yang merupakan singkatan dari Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Thailand.

* PPI Thailand
* Planet Permitha
* Forum Permitha
* Mailinglist Permitha
* Social Network Permitha

Kepengurusan pertama Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Thailand dibentuk pada awal tahun 2002. Pada masa-masa sebelumnya Permitha hanya ada di perguruan-perguruan tinggi, khususnya di Asian Institute of Technology (AIT) dimana komunitas mahasiswa Indonesia hampir selalu ada sejak tahun 1970-an. Seiring dengan makin banyaknya mahasiswa Indonesia yang tugas belajar di universitas lainnya di Thailand (khususnya jenjang master dan doktoral), maka selanjutnya dianggap perlu suatu organisasi yang mewadahi seluruh mahasiswa Indonesia yang ada di Thailand, maka dibentuklah PERMITHA, sedangkan PERMITHA AIT kini melebur menjadi salah satu bagian dari PERMITHA.Total seluruh mahasiswa aktif saat ini kurang lebih 300 orang.

Beberapa universitas/institusi dimana mahasiswa indonesia tersebar di thailand diantaranya :

* Asian Institute of Technology
* Chulalongkorn University
* Thammasat University
* Mahidol University
* Assumption University (ABAC)
* Kasetsart University
* National Science Park
* Joint Graduate School of Energy and Environment (JGSEE)
* King Mongkut University of Technology Thonburi (KMUTT)
* University of the Thai Chamber of Commerces
* Rangsit University
* ITIM
* Chiang Mai University
* Chulaborn Graduate Institute (CGI)
* Prince of Songkhla University
* Khon Kaen University
* Mae Fae Luang University
* Burapha University

0 komentar